#trik_pojok { position:fixed;_position:absolute;bottom:0px; right:0px; clip:inherit; _top:expression(document.documentElement.scrollTop+ document.documentElement.clientHeight-this.clientHeight); _left:expression(document.documentElement.scrollLeft+ document.documentElement.clientWidth - offsetWidth);
expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Banner

Image and video hosting by TinyPic

Friday, January 21, 2011

Ini Dia Lima Motor Tercepat di Dunia

1. Dodge Tomahawk
 
Sepeda motor besutan Dodge, sebuah pabrikan di Michigan, Amerika Serikat, itu diklaim mampu melesat hingga 560 kilometer per jam (kpj). Akselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kpj dicapai hanya dalam tempo 2,5 detik.

Tomahawk dibekali mesin 8.300 cc 10 silinder 90 derajat . Mesin tersebut diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 500 daya kuda pada 5.600 rpm.

Uniknya, motor ini dilengkapi transmisi manual dengan dua jenis tingkat percepatan. Motor yang dibanderol US$ 550 ribu atau sekitar Rp 4,95 miliar itu menggunakan dua roda yang dipasang hampir berhimpitan baik di depan maupun belakang.

 2. Suzuki Hayabusa
 Motor besutan Suzuki Motor ini mampu melesat hingga 397 kilometer per jam. Hayabusa menggunakan mesin 1.340 cc DOHC, empat langkah dan empat silinder, 16 katup, serta menggunakan pendingin mesin berupa cairan.

Mesin sebesar itu diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 197 daya kuda pada 6.750 rpm. Tenga itu disalurkan ke roda melalui transmisi enam tingkat percepatan.


3.MTT Turbine Superbike Y2K
Hasil pengujian dan pemakaian oleh konsumen menunjukkan, superbike ini mampu beralri hingga kecepatan 365 kilometer per jam. Motor ini dibandrol US$ 175.000 atau sekitar Rp 1,57 miliar.

Satu keunggulan yang ditawarkan motor itu adalah mesin yang disandangnya, yaitu Rolls-Royce 250-C20 turbo shaft. Mesin tersebut diklaim mampu menyemburkan tenaga 320 daya kuda pada 52.000 rpm.

Sejumlah fitur canggih disematkan di motor yang sempat tampil di film Torque itu. Diantara fitur itu adalah, kerangka atau chassis yang menggunakan bahan serat karbon.

Selain itu sebuah kamera yang dipasang di bagian belakang dengan layar LCD berwarna, serta radar detektor yang menggunakan sensor sinar laser juga menjadi perlengkapan standar.

4. Honda CBR1100XX Blackbird
Motor besutan Honda ini tercatat mampu merengkuh jarak 310 kilometer hanya dalam waktu 1 jam. CBR1100XX menggunakan mesin 1.137 cc empat silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga 153 daya kuda.

Tenaga sebesar itu disalurkan ke mesin melalui transmisi enam tingkat percepatan. Sistem pendiginan mesin menggunakan cairan.

5. Yamaha YZF R1

Motor besutan Yamaha Motors yang menyandang mesin 998 cc empat silinder segaris ini tercatat mampu melesat hingga 297 kilometer per jam. Menariknya, mesin tersebut menggunakan crankshaf crossplane.

Teknologi itu diklaim menjadikan penyaluran tenaga merata secara konstan di setiap tingkat putaran mesin. Walhasil, pengendara baik amatir maupun profesional memiliki kontrol penuh terhadap tenaga dan traksi motor.

Tenaga yang dihasilkan mesin mencapai 128,2 daya kuda pada 1.000 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi enam tingkat percepatan. Motor ini dibanderol mulai US$12.390 atau sekitar Rp 111,5 juta.

No comments:

Post a Comment