#trik_pojok { position:fixed;_position:absolute;bottom:0px; right:0px; clip:inherit; _top:expression(document.documentElement.scrollTop+ document.documentElement.clientHeight-this.clientHeight); _left:expression(document.documentElement.scrollLeft+ document.documentElement.clientWidth - offsetWidth);
expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Banner

Image and video hosting by TinyPic

Friday, January 21, 2011

Yuk, Intip Kehidupan Lobster Raksasa Di Tasmania!

Tasmanian Giant Freshwater Lobster (Astacopsis gouldi) namanya. Lobster raksasa yang beratnya Mencapai lebih dari 5 kg (11lb 3oz) dan panjang hampir 1m dan merupakan hewan langka. Capitnya saja panjangnya hampir 1/4 bagian tubuhnya yakni sekitar 25cm.

Jenis Lobster ini Hidup di sungai Arthur Tasmania barat laut, air mengalir tenang adalah tempat favoritnya. Lobster dewasa hidup di air yang jernih dan perairan dalam, suka tempat yang teduh dan suhu yang lebih dingin.

Pertumbuhan Lobster ini tergolong lambat, mudah ditangkap dan tingkat reproduksi yang lambat. Usia rata2 yang bisa dicapai antara 9 – 14 tahun. Walaupun begitu, ternyata ada juga lho yang mencapai 40 tahun, tepatnya di perairan Inggris dengan panjang 60cm (2 kaki) sementara jenis lain hidup di bawah perairan kanal barat daya Inggris dengan panjang hingga 1m (3ft 3in) dan berusia lebih dari 60 tahun. Cumi-cumi dan mackerel (sejenis ikan)adalah makanan favorit Lobster jenis ini.

Berikut penampakan-penampakan lain lobster ini:
Lobster raksasa dapat tumbuh besar jika menempati area dasar laut yang terlindung dari perusakan dan penangkapan ikan yang intensif. Lobster raksasa, Palinurus barbarae (Decapoda Palinuridae, mengenang Barbara Groeneveld – istri Johan Groenevelt, spesialis lobster MCM – Marine and Coastal Management) juga ditemukan di daerah Walters Shoals, Madagascar Ridge, Afrika Selatan, berusia antara 30 – 50 tahun.

No comments:

Post a Comment